THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Tuesday, July 15, 2008

Sistem Informasi Akunting

Akunting adalah penerapan dari teori umum informasi untuk masalah-masalah operasi ekonomi yang efisien. Akunting jjuga merupakan bagian besar dari informasi umum yang dinyatakan dalam bentuk kuantitatif.
Sistem Informasi Akunting..
Merupakan sistem informasi formal. Sistem ini mengandung berbagai karakteristik, yaitu:
  1. Tujuan (Kegunaan)
  2. Tahap
  3. Tugas
  4. Pengguna
  5. Sumber daya

Dipihak lain, sistem informasi akunting suatu perusahaan memperlihatkan aspek-aspek yang membedakannya dari sistem informasi perusahaan keseluruhan. Aspek-aspek ini timbul karena fungsi akunting berkaitan dengan dampak ekonomis dari kejadian-kejadian tertentu terhadap kegiatan dan kesejahteraan perusahaan. Jadi, sistem informasi akunting hanya menerima data ekonomi dari kejadian-kejadian (transakasi) ekstern dan operasi intern.Kebanyakan data ini dinyatakan dalam istilah keuangan, misalnya:

  • Jumlah penjualan terhadap pelanggan
  • Jumlah jam kerja karyawan
  • Gaji kotor

Model-model Akunting..

Model adalah gambaran dari kenyataan sebenarnya. Sistem informasi akunting menggunakan dua macam model akunting manajerial, untuk menggambarkan kenyataan dalam hal keuangan yang ada disuatu perusahaan.

Model akunting keuangan.

Hubungan kunci yang mendasari semua model akunting keuangan adalah

Aset = Ekuitas

Kegunaan utama model-model akunting keuangan adalah menghasilkan informasi catatan prestasi perusahaan untuk digunakan oleh pihak-pihak diluar perusahaan. Biasanya informasi ini disajikan dalam bentuk neraca, ikhtisar laba rugi, dan ikhtisar arus kas.

Model Akunting Manajerial

Akunting manajerial merupakan cabang akunting yang menyangkut penyediaan informasi keuangan bagi pengguna-pengguna intern suatu perusahaan. Contoh model akunting manajerial adalah model biaya-volume-laba, model biaya-analisis varians, dan model peramalan arus kas. Model-model seperti itu menyediakan informasi pengarah perhatian dan informasi pengambilan keputusan bagi para manajer, guna membantu mereka dalam mengendalikan dan merencanakan kegiatan-kegiatan perusahaan.

1 comments:

Unknown said...

wuw.. makasi ya dina... udah cantiQ smart lagi. hehe